Tips Cara Menghilangkan Nervous

Tips Cara Menghilangkan Nervous - Bagaimana cara agar tidak nervous ??? Nervous atau gugup. Perasaan nervous memang muncul ketika seseorang sedang menghadapi sesuatu yang tidak biasa. Pernahkah anda merasa nervous ketika menghadapi ajang seleksi, entah itu seleski penerimaan masuk universitas, atau seleksi menjadi karyawan disebuah perusahaan.

Perasaan nervous ini terkadang bisa membuat suasana menjadi kurang baik, maka nervous harus kita kelola dengan baik.Karena kita tidak bisa menghilangkan perasaan nervous secara total. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan ketika kita nervous.

Hal yang dilakukan ketika sedang nervous :

1. Tenangkan pikiran dan perasaan
Proses ini bisa dilakukan dengan cara menarik nafas yang panjang, kemudian menahannya lalu mengeluarkan secara perlahan dan kita lakukan secara teratur. Lakukan proses ini secara berulang, maka biasanya Anda akan mendapatkan pikiran dan perasaan yang lebih tenang, sehingga detak jantung kembali normal.

2. Alihkan dengan hal lain
Cara yang kedua adalah dengan mengalihkannya pada aktivitas yang lain yang Anda sukai, saya ambil contoh misalnya ketika Anda sedang seleksi tiba-tiba muncul perasaan nervous, maka Anda bisa melakukan aktivitas lain yang benar-benar Anda sukai, misalnya dengan memainkan game kesukaan, atau mungkin bisa menulis, mungkin juga bisa menggantinya dengan membaca buku favorit, Anda juga bisa membaca dan mentadzaburi bacaan Al-qur’an, atau menggambar kesukaan dan aktivitas ringan lainnya yang benar-benar Anda sukai, sehingga harapannya dengan begitu nervous dalam diri Anda akan berkurang dan Anda akan tampil sebagai pribadi yang percaya diri dan penuh keyakinan. Catatannya lakukan perkara yang ringan, jangan sampai misalnya ketika Anda akan seleksi besok dan Anda merasa sangat nervous, jangan pernah Anda melakukan aktivitas yang membahayakan diri hari ini, misalnya touring ke gunung, atau berselancarar dilaut, memanjat tebing, dan aktivitas penuh resiko lainnya.

3. Lakukan sugesti terhadap diri sendiri
Cara lainnya adalah dengan mensugesti diri, yang biasa saya lakukan adalah pergi ke kamar mandi, kemudian ambil wudlu, lalu menghadap cermin, kalau bisa cerminnya yang agak lebar supaya bisa melihat diri Anda secara utuh, tapi kalau tidak ada, cermin yang ada saja. Ketika sudah menemukan cermin, maka segeralah untuk bercermin, pandangi diri Anda dari ujung rambut sampai bagian yang masih terlihat dicermin.
Pandangi diri sendiri, lalu pujilah kelebihan yang Anda miliki, lupakan kekurangan dan kelemahannya, setelah itu buatlah sugesti yang baik untuk diri Anda sendiri, contohnya sambil Anda tatap wajah anda dicermin, coba Anda katakan “wah, luarbiasa, ternyata saya ini orang yang hebat, kemudian katakan pada diri sendiri “anda memang hebat, Anda layak menjadi juara, Anda hari ini tampil begitu mempesona, senyum Anda pasti menyenangkan semua yang melihat”, dan masih banyak kata-kata dan sugesti positif yang bisa Anda berikan untuk diri Anda sendiri ketika mengalami kondisi nervous.

4. Jangan lupa berdoa dan minta dido’akan.
Barangkali ini adalah langkah yang sangat penting untuk dilakukan, karena bagi orang-orang yang percaya kepada hal-hal yang wajib untuk dipercayai (rukun iman), do’a merupakan senjata, nah biar makbul do’anya, maka sebaiknya juga meminta bantuan kepada orang lain (teman, keluarga) untuk mendo’akan Anda.

Demikian, semoga tips sederhana diatas akan bermanfaat untuk Anda. Singkirkan keraguan, hapuskan sifat tidak PD, yakinkan diri sendiri bahwa Anda orang yang hebat dan siap jadi pemenang. Semoga Tips Cara Menghilangkan Nervous bisa bermanfaat bagi anda..

Related Post Tips Cara Menghilangkan Nervous