Deny Info untuk redirect blok situs di Squid

Deny Info untuk redirect blok situs di Squid

Jika kita menggunakan squid untuk mengeblok sebuah situs, maka secara default jika ada client yang mengakses situs yang di block tadi akan keluar error bahwa situs yang dikunjungi tersebut telah di blok oleh administrator proxy. Ada beberapa cara untuk mengubah pesan error yang ada di proxy, yaitu dengan langsung mengedit file error yang berada di /usr/share/squid/errors/English. Disitu ada banyak file error yang memiliki pesan berbeda-beda dengan tujuan yang berbeda pula. File ini merupakan file general, yaitu
berlaku untuk semua acl, tidak bisa digunakan untuk beda acl.
Namun ada cara lain untuk bisa mengubah pesan error yang keluar di client yaitu dengan menredirect situs yang di buka ke situs yang kita inginkan, dengan cara ini pesan error tiap acl bisa berbeda-beda, contoh, untuk pesan error client satu dengan yang lain bisa berbeda. Berikut sintak untuk squid.conf :




1 acl situs_terlarang dstdomain.youtube.com
2 acl kata_terlarang url_regex -i situs yang tidak di inginkan
3
4 http_access deny situs_terlarang
5 http_access deny kata_terlarang
6
7 deny_info http://google.co.id situs_terlarang
8 deny_info http://yahoo.co.id kata_terlarang

Pada contoh di atas maka jika John mengakses ke youtube akan di deny oleh squid dan di redirect ke http://google.co.id. Yang kedua jika ada yang mengakses dengan kata kunci pada acl kata terlarang akan di deny dan di redirect ke yahoo.co.id.
SELESAI ..
Semoga dapat membantu !!

Related Post Deny Info untuk redirect blok situs di Squid

Posting Komentar